• Jam Buka Toko: Jam 08.30 s/d 17.30 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085743448960
  • SMS/WA: 085743448960/087739235228
  • BBM : REQUEST!
  • distroherbal1@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Diabetes, The Sillent Killer | Hati – Hati Diabetes Bisa Menjangkiti Anda Tanpa Disadari

08 December 2012 - Kategori Blog

Tiap 30 menit, Reti selalu berjalan ke arahdis penser untuk mengisi botol besarnyadengan air putih. Tak sampai setengah jam setelahnya, botol itu sudah kosong lagi. DanReti kembali mengisinya. Akibat banyak menenggak air putih, Reti jadi sering wira-wiri ke kamar mandi. Dalam sejam, dia bisa pergi pipis dua kali. Teman-temannya sampai memanggilnya ‘beser’ alias terus-menerus kencing. Reti juga tak mengerti mengapa dirinya sering sekali merasa haus. Jika tak minum, rasanya kerongkongannya kering kerontang minta dibasahi.
Padahal aktivitas sehari-harinya nyaris tak banyak mengeluarkan keringat. Pekerjaannya juga sama sekali tak pernah menyentuh yang namanya ‘lapangan’ atau luar kantor.
“Saya juga nggak ngerti nih kok saya suka haus banget, padahal nggak ngapa-ngapain. Saya minum kayak orang habis lari keliling lapangan 10 kali,” kata pria 35 tahun itu. Lain lagi dengan Novi. Perempuan 30 tahun ini tidak nyaman dengan warna ketiaknya yang sepertinya makin hari makin terlihat hitam. Padahal sehari-hari, Novi rajin membersihkan daerah itu. Bahkan, Novi sengaja memakai produk deodoran yang konon bisa memutihkan ketiak. Namun sudah
berbulan-bulan, sepertinya tidak ada perubahan. Ketiaknya tetap hitam bahkan terlihat menebal. Sama seperti Reti, Novi juga heran dan sedikit khawatir dengan apa yang dialaminya. Wajar sih kalau mereka worry karena dua hal itu bisa menjadi tanda ada yang tidak beres di tubuh mereka.
Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD., Ph.D. dari Divisi Metabolik Endokrin,
Departemen Ilmu Penyakit Dathinkstock

Biasanya, orang yang memiliki diabetes memang sering merasa haus luar biasa. Hal ini karena kandungan air dalam darah tersedot untuk proses penghancuran glukosa. Sehingga mau tak mau, rasa haus akan lebih sering muncul. Akibat terlalu banyak minum, buang air kecil akan lebih sering, apalagi kandungan glukosa dalam darah terlalu banyak. Sering buang air kecil ini biasanya disebut poliuri. Selain banyak minum, ini juga disebabkan karena insulin (hormon pengendali gula darah) tidak ada atau terlalu sedikit. Hal ini menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. Maka ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa.
“Hal ini membuat kandung kemih penuh dan membuat seseorang sering pipis,” kata Dr. Dante

Jika Anda Diabetes
Waktu pertama kali tahu memiliki diabetes mungkin Anda shock. Tapi bukan berarti dunia kiamat dong. Ini hal yang wajib Anda lakukan agar tetap sehat.

Kunjungi Dokter
Selalu periksa ke dokter secara berkala. Hal ini untuk mengetahui kondisi dan kadar gula darah Anda. Jangan sampai kadar gula melonjak sehingga dapat memicu komplikasi yang tidak diinginkan.

Olahraga
Olahraga juga masuk dalam daftar wajib. Buat mereka yang diabetesnya masih ringan bisa melakukan joging atau lari-lari kecil selama 30 menit. Ini bisa dilakukan lima kali dalam satu minggu. Untuk yang sudah akut, olahraga yang
bisa dilakukan adalah berjalan lurus bolak-balik dan maju mundur. Bisa juga berjinjit dan mengangkat salah satu kaki dan ditahan selama 30 detik. Lakukan bergantian.

Konsumsi Suplemen
Ada beberapa suplemen yang sebaiknya dikonsumsi oleh mereka yang memiliki diabetes. Suplemen itu antara lain harus mengandung seng, magnesium, dan proxeronine. Ketiga zat itu memiliki peran penting untuk menunjang proses penyembuhan diabetes. Proxeronine merupakan zat yang paling ampuh menurunkan kadar gula dalam darah karena dapat memperbaiki sel dalam pankreas, yang dinamakan sel beta pankreas. Sedangkan magnesium dan seng dapat memperbaiki dan menambah sel darah merah yang sehat.

Comments are closed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.