• Jam Buka Toko: Jam 08.30 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: +6285743448960
  • SMS/WA: +6285743448960
  • distroherbal1@gmail.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

02 January 2015 - Kategori Blog

cara mengatasi demam pada anak

Hasil penelitian ternyata 80% orangtua mempunyai fobia demam. Orangtua mengira bahwa bila tidak diobati, demam anaknya akan semakin tinggi. Kepercayaan tersebut tidak terbukti berdasarkan fakta. Karena konsep yang salah ini banyak orangtua mengobati demam ringan yang sebetulnya tidak perlu diobati. Tidak semua gejala demam menunjukkan adanya penyakit serius, berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertanda bahwa demam yang dirasakan cukup diatasi dengan perawatan di rumah saja :

  • Anak masih dapat bermain.
  • Anak masih dapat makan & minum dengan baik.
  • Anak merespon terhadap rangsangan dari luar.
  • Warna kulitnya masih normal.
  • Terlihat baik ketika suhu tubuhnya turun.

Bila demam pada anak yang dirasakan masih ringan dan anak menunjukkan tanda seperti diatas, maka yang perlu dilakukan adalah memberikan minuman yang cukup dan membiarkan anak beristirahat. Sehingga demam dapat turun dengan sendirinya. Adapun tips-tips lain untuk mengatasi demam adalah sebagai berikut :

  1. Mencari tahu penyebab demam sehingga dapat bertindak rasional.
  2. Kenakan pakaian tipis meskipun tubuh merasa dingin. Pakaian tebal akan menaikkan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi (39oC atau lebih)      terutama pada anak-anak dapat menyebabkan kejang.
  3. Usahakan makan seperti biasa, meskipun nafsu makan berkurang. Bila tidak mau makan maka akan memperlemah tubuh. Hindari makanan       yang berlemak dan makanan yang sulit dicerna.
  4. Beristirahat di rumah pada ruangan yang memiliki ventilasi yang baik.
  5. Periksa suhu tubuh setiap 4 jam.
  6. Buat kondisi ruang tidur senyaman mungkin, jaga jangan sampai terlalu panas atau dingin. Bila ruangan terasa terlalu panas & pengap, dapat     juga digunakan kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara.
  7. Kompres dengan air hangat untuk meredakan demam. Mengompres dengan air dingin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang justru meningkatkan suhu tubuh.
  8. Minumlah banyak air putih, sari buah, susu atau sup bening. Minum dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh.

Apabila anak kejang, orangtua harus mengupayakan diri setenang mungkin dalam menanganinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anak kejang adalah sebagai berikut :

  1. Anak harus dibaringkan di tempat yang datar dengan posisi menyamping, bukan terlentang, untuk menghindari bahaya tersedak.
  2. Jangan meletakkan benda apapun di mulut sang anak seperti sendok atau penggaris karena benda tersebut justru dapat menyumbat jalan nafas.
  3. Jangan memegangi anak untuk melawan kejang
  4. Sebagian besar kejang berlangsung singkat dan tidak memerlukan penanganan khusus tapi apabila kejang terus berlanjut setelah 5 menit (sumber lain 10 menit), anak harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk ditangani.
  5. Setelah kejang berakhir, anak perlu dibawa menemui dokter.

Demam, meskipun sering dialami oleh anak sebaiknya jangan dianggap remeh tetapi jangan pula sampai menimbulkan kepanikan yang tidak perlu. Lebih baik pantau terus kondisi anak sehingga dapat mengetahui tindakan apa yang sebaiknya dilakukan.

Ditulis oleh : Tim “SYAMILAH” | Agus Santosa, S., Farm. Apt.

Comments are closed.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.